Akibat PPK Kutambaru Tak Hadir, Pleno DPSHP KPU Langkat Terpaksa di Tunda.

Ilustrasi by Google

halKAhalKI.com, Stabat - Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat terkait penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) Kabupaten Langkat untuk Pemilu 2019,diskor hingga pukul 19.00 WIB.

Dari pantauan halKAhalKI.com serta informasi yang dirangkum Rapat Pleno DPSHP dimulai sekira pukul 12.00 WIB hari Minggu 22/7/2018 di gedung Pegnasos Stabat tidak lama berselang Ketua KPU Langkat Agus Arifin membuka rapat Pleno daan beberapa saat kemudian Ketua KPU Langkat tersebut menskor rapat Pleno di karenakan adanya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang belum melaksanakan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPSHP.

Di skorsnya rapat pleno terbuka tersebut karena PPK Kutambaru tidak hadir. Dan ada informasi simpang siur yang mengatakan bahwa PPK Kutambaru belum melakukan rapat pleno terbuka penetapan DPSHP tingkat kecamatan, dan ada juga yang mengatakan PPK sudah melaksanakan rapat pleno di kecamatan yang berakhir kemarin.

Berdasarkan informasi tersebut sangat disayangkan adanya PPK yang belum menyerahkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) tingkat kecamatan kepada KPU Langkat sehingga menghambat pelaksanaan penetapan rekapitulasi DPSHP KPU Kabupaten Langkat.

Kepada Jurnalis Ketua KPU Langkat Agus Arifin membenarkan diskornya rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPSHP KPU Langkat tersebut." Ya rapat pleno penetapan DPSHP kami skors sampai pukul 19.00. WIB mengingat adanya informasi simpang siur terkait dengan PPK Kutambaru dan petugas KPU sudah berada di Kutambaru untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," tutur Agus.

Rapat pleno terbuka penetapan DPSHP di KPU berakhir hari ini, meski demikian Agus optimis selesai apabila tidak menemui masalah ditingkat PPK.

"Membacakan hasil Rapat pleno di PPK itu maksimal satu menit selesai, jadi kalau tidak ada masalah itu sebentar saja selesai untuk 23 kecamatan," pungkas Agus

Pada waktu yang berbeda Muhammad Khair anggota KPU Langkat yang membidangi divisi teknis dihubungi halKAhalKI.com melalui sambungan seluler juga menyatakan pleno terbuka diskor hingga pukul 19.00 WIB."ya...rapat pleno diskor hingga pukul 19.00 WIB, dikarenakan adannya PPK yang belum menyerahkan DPSHPnya".

Saat disinggung apakah PPK Kutambaru yang belum menyerahkan DPSHP Kecamatannya sehingga Rapat Pleno terpaksa ditunda. Khair menyebutkan "ya....PPK Kutam baru yang belum menyerahkan DPSHP Kecamatannya".

Sementara itu Safaruddin perwakilan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Langkat kepada halKAhalKI.com menyatakan hanya sebentar pleno dilaksanakan di buka lalu di skor," dalam undangan rapat jam 10 tapi dibuka sekitar jam 12 siang dan ditunda karena PPK Kutambaru tidak hadir dan belum pleno dan Panwaslu tak mau lah harus hadir PPK nya dan hasil pleno DPSHP Kecamatan Kutambaru harus ada, makanya undangan dari partai politik uring uringan bang".

Sebagaimana di ketahui dalam Peraturan Komisi Pelihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan,Program,dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 menyatakan bahwa Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada tanggal 22 Juli 2018. Berdasarkan hal tersebut KPU Langkat hanya punya waktu beberapa jam lagi sebelum pukul 24.00 WIB untuk menetapkan DPSHP Kabupaten Langkat./Ref