705.769 Pemilih Sementara Pilkada Langkat

halKAhalKI.com, Stabat - Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2018 Kabupaten Langkat berdasarkan hasil Coklit (pencocokan dan penelitihan) yang telah dilaksanakan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Langkat.

705.769 pemilih yang terdata dalam DPS di sampaikan KPU Langkat dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran dan penetapan daftar pemilih sementara pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Langkat tahun 2018 di gedung PKK Kabupaten Langkat,Jumat 16/3/2018.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut KPU Langkat menetapkan DPS Pilkada Sumatera Utara dan Pilkada Langkat 2018 sebesar 705.769 pemilih, dengan 353.944 pemilih laki-laki dan 351.825pemilih perempuan tersebar di 1.861 TPS, 277 desa di 23 kecamatan se-Kabupaten Langkat, jumlah tersebut dengan rincian yang tertera pada formulir A.1.3 - KWK. Hal ini disampaikan Ketua KPU Langkat Agus Arifin di depan Pleno terbuka tersebut Agus Arifin juga menyampaikan bahwa jumlah DPS di Kabupaten Langkat itu bersifat sementara dan terus dilakukan perbaikan.

Dalam rapat pleno tersebut Agus Arifin didampingi anggota KPU Langkat lainnya Muhammad Khair, Sopian Sitepu, T Muhammad Benyamin dan Adlina Sarah.

Selain jumlah DPS Kabupaten Langkat, Agus Arifin juga menyatakan bahwa jumlah pemilih potensial non KTP elektronik sebanyak 77.083 dengan 39.705 pemilih potensial non KTP elektronik laki laki serta 37.378 pemilih potensial non KTP elektronik perempuan yang tersebar di 277 Desa/Kelurahan di 23 Kecamatan Kabupaten Langkat.

“Jumlahnya bisa saja berkurang dan bisa juga berlebih, karena inikan daftar pemilih sementara,"tutur Agus.

Lebih lanjut dikatakan Agus hasil rekapitulasi daftar pemilih potensial non e-KTP dengan jumlah sebanyak 77.083 tersebar di 1.861 TPS, 277 desa di 23 kecamatan se-Kabupaten Langkat, sesuai dengan rincian pada formulir model A.C.3 – KWK. Untuk pemilih non elektronik akan segera dikirim ke Disdukcapil.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh Panwaslih Kabupaten Langkat, tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat Kabupaten Langkat nomor urut 1 Terbit Rencana PA - Syah Afandin serta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat nomor urut 2 Rudi Hartono Bangun - Budiono dan Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor urut 1 Edi Rahmayadi-Musa Rajeckshah dan Tim pemenangan pasangan calon nomor 2 Djarot Saiful Hidayat - Sihar Sitorus.

Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Langkat Matehsa Sitepu hadir sebagai undangan dan juga dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Langkat./sug.