48,36 kg Sabu,73,62 kg Ganja dan 280 Pil Ekstasi Dimusnahkan Poldasu

Foto : Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Musnahkan barang bukti 48.368,53 gram sabu , 73.626 gram ganja dan 280 butir pil ekstasi hasil penagkaapan 42 tersangka, Selasa 31/7/2018.

halKAhalKI.com,Medan -Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara Direktorat Reserse Narkoba siang pukul 14.00 WIB mengelar pemusnahan barang bukti penyalahgunaan narkoba di Ditresnarkoba Polda Sumut Selasa,31/7/2018.

Dari data yang dihimpun halKAhalKI.com sebanyak 48.368,53 gram sabu , 73.626 gram ganja (73,62 kg), 280 butir pil ekstasi dimusnahkan, barang bukti yang dimusnahkan tersebutmerupakan hasil tangkapan dan sitaan dari 42 tersangka yang diamankan Ditresnarkoba Polda Sumut.

Pemusnahan barang bukti dilakukan oleh Staf Labfor Cabang Medan dengan cara semua barang bukti terlebih dahulu diteliti kebenarannya disaksikan para tersangka dan penasehat hukumnya. Selanjutnya untuk barang bukti berupa sabu , ganja dan pil ekstasi dimasukan kedalam air panas yang sudah mendidih, dicampur dan diaduk sampai dengan merata kemudian dibuang kedalam lubang tanah yang sudah dipersiapkan. Sedangkan pemusnahan barang bukti ganja dengan cara di bakar.

Pemusnahan dilakukan langsung Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Waka Polda Sumut, Dirresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung,Kabid Humas Poldasu Kombes Tatan Dirsan Atmaja dan Para Pejabat Utama Polda Sumut lainnya, perwakilan Kejaksaan Negeri Sumut, Pengadilan Negeri Medan, Balai Besar POM Medan, BNN Provinsi Sumut. Pemusnahan barang bukti juga disaksikan para tersangka yang didampingi Penasehat Hukum kemudian dselanjutnmya dilakukan penanda tangan berita acara pemusnahan barang bukti.

Dalam keterangannya, Kapoldasu, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, narkoba sangat berbahaya. Paulus juga berharap para pengedar dapat sadar dan segera meninggalkan bisnis tersebut.

”Narkoba sangat berbahaya bagi generasi muda, saya berharap kalian semua bisa tobat,” kata Waterpauw dihadapan para tersangka.

Barang bukti sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan cara direbus pada alat rebusan berupa tabung silinder besar dan dipanaskan dengan api. Sedangkan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar./ref.