3 Kadus Pungli Sertifikat Prona Diciduk Polres Langkat

halKAhalKI.com, Stabat - Tim opsnal Pidum Satreskrim Polres Langkat ciduk tiga Kepala Dusun (Kadus) yang diduga melakukan pungli terhadap warganya dalam pengurusan sertifikat tanah

Penangkapan ketiga Kadus diantara Sm (40), Ar (42) dan SW (32) dilakukan Senin malam 26/3/2018. Ketiga tersangka diduga melakukan pungutan terhadap proses sertifikat tanah Prona yang berlangsung tahun 2017.

Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin melalui Kasubbag Humas Polres Langkat, AKP Arnold Hasibuan menyatakan pungutan yang dilakukan ke tiga tersangka yang juga para Kepala Dusun di Desa Telaga Jernih dengan modus operandi pada Agustus 2017 tersangka menyampaikan informasi kepada warga masyarakat bahwa ada pengurusan sertifikat tanah Prona.

Selanjutnya Ar sebagai Kepala Dusun mendatangi rumah warga meminta menyediakan uang sejumlah Rp 850.000 untuk pengurusan sertifikat tanah Prona tersebut.

Para tersangka memaksa warganya untuk membayar sertifikat Prona dan jika tidak membayar maka pengurusan sertifikat tanah tersebut di batalkan atau dikembalikan kepada BPN ( Badan Pertanahan Nasional ,red) Langkat ancam ketiga Kepala Dusun kepada warga yang ingin memiliki sertifikat tanah.

Akibat dari ancaman tersebut warga merasa resah dan ketakutan sertifikat tanahnya tidak bisa didapat yang kemudian warga melaporkan hal tersebut kepada Polres Langkat,

Dalam kasus yang melibatkan tiga KAsus di Desa Telaga Jernih Kecamatan Secanggang turut diamankan barang bukti berupa surat pernyataan keberatan warga desa telaga jernih, delapan lembar tanda terima uang, tiga lembar surat pernyataan tidak keberatan yangg berstempel pemerintahan Desa Telaga Jernih dan bermaterai 6000 serta ditandatangani oleh Sukirdi yang diduga oknum kepala Desa Telaga Jernih,papar AKP Arnold Hasibuan

Pungli yang dilakukan ketiga Kadus merupakan bertolak belakang dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang mengunjungi Kabupaten Langkat 24 Nopember 2017 dalam kegiatan pembagian 9000 sertifikat Prona secara gratis kepada masyarakat Langkat.

Dalam kegiatan yang berlangsung di lapangan Sepakbola Pemkab Langkat Presiden RI menyatakan langsung kepada masyarakat sertifikat tanah Prona di berikan secara gratis tanpa biaya apapun./ref.