16 Ton Bahan Peledak Diungkap Baharkam Polri

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto melihat 16,375 ton bahan peledak bom ikan yang berhasil diungkap,Senin (28/12/2020)

Surabaya, hK2 | 16,375 ton bahan peledak bom ikan diungkap anggota Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto yang tergabung dalam tim gabungan Ditpolairud Baharkam Polri di wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

“Kasus ini ditindak oleh tim gabungan Baharkam Polri, ada barang bukti dan tersangka,” kata Kabaharkam dalam pers rilisnya di Mako Polda Jawa Timur, Senin (28/12/2020).

Ia menjelaskan dalam kasus tindak pidana bahan peledak ini, ditemukan barang bukti potasium chlorate sebagai bahan baku bom ikan dengan jenis potassium chlorate (KCL03) dan pemiliknya MB yang kini berstatus tersangka.

Dari hasil pemeriksaan sementara bahan baku tersebut pesanan seseorang di Makasar, Sulawesi Selatan. “Tersangka MB menjual dennen harga 35 ribu per kilogramnya. Ada juga sumbu detanator yang dijual terpisah dennen harga 20 ribu per unit,” ungkapnya.





Lebih jauh Komjen Agus menerangkan, Tersangka MB telah menjalani bisnis ini selama dua tahun sejak 2018 lalu. Ia (tersangka) merakit sendiri bom ikan di rumahnya dengan cara menggunakan botol air mineral yang diisi dengan potasium chlorate yang dicampur belerang dan arang.

Selanjutnya 1 2